Alat-alat yang Dibutuhkan Untuk Membuat Server Pulsa

Alat-alat Server Pulsa – Dalam dunia bisnis server pulsa, ada beberapa pengetahuan yang wajib diketahui dan dipahami oleh calon pengusaha server pulsa.

Sebelum membeli alat-alat server, sebaiknya dipertimbangkan dahulu dari segi modal dan prospek pemasaranserver pulsa disekitar anda. Jadi begini, jika anda membuat server pulsa hanya untuk coba-coba usaha, maka belilah alat server pulsa yang disesuaikan dengan kemampuan.

alat server pulsaNamun jika anda memang fokus untuk memulai bisnis server pulsa, maka pilihlah alat server pulsa yang berkualitas dan terpercaya, sehingga nantinya alat-alat ini awet dan tidak mudah rusak.

Dalam membahas alat-alat server pulsa, ada 2 kelompok alat server pulsa yaitu alat utama dan alat penunjang.

Alat-alat utama server pulsa

  1. Perangkat Komputer. Komputer ini nantinya akan terinstal modem dan software pulsa. Didalam komputer inilah semua proses akan disetting, sehingga proses pengisian server pulsa dapat berjalan. Sebaiknya komputer yang akan digunakan sebagai komputer utama, berspesifikasi minimal Dual Core Ram 1 GB. Spesifikasi diatasnya tentu saja akan lebih baik. Jadi jika ada komputer bekas dirumah anda bisa digunakan.
  2. Modem. Modem dalam bisnis server pulsa nantinya berfungsi sebagai sms center ( pusat pengiriman SMS) dan SMS sender ( pusat SMS balasan). Modem yang bisa digunakan modem GSM, modem SMS Getway. Beberapa merk yang sering digunakan diantaranya Huawei, ZTE dan modem Weavecom. Beberapa server pulsa masih menggunakan HP Siemens C55 dan M55.
  3. Software Pulsa. Software ini bisa dikatakan roh atau nyawa dari server pulsa. Dari dalam software inilah semua sistem diatur dan dikendalikan sehingga proses pengisian pulsa bisa berjalan dengan lancar. VRE, Otomax, FM, Tiger Engine dll adalah jenis-jenis software yang digunakan dalam bisnis server pulsa.

Alat-alat Penunjang Server Pulsa

  1. UPS. UPS atau singkatan dari Uninteruptible Power Supply berfungsi sebagai cadangan daya ketika listrik PLN mati atau tegangan yng tidak stabil. Dalam dunia server pulsa ada istilah UPS modif, yaitu UPS yang dimodifikasi sehingga baterei menggunakan aki yang tentu saja menambah daya tahan. Jika UPS standar mampu bertahan 8 s/d 10 menit maka UPS modif bis bertahan 2 s/d 4 jam tergantung kapasitas UPS dan aki yang digunakan.
  2. Genset digunakan sebagai pengganti daya listrik PLN yang mati.

Bagaimana? Apakah sudah ada alat-alat terebut?

Bisnis server pulsa memang memerlukan modal cukup besar. Terkadang orang juga memandang sebelah mata mengenai keutungan bisnis server pulsa.

Memang benar, jika server ada hanya ada 50 s/d 100 transkasi per hari maka keuntungannya belumlah terlihat.

Tetapi jika server anda berjalan dengan 1000 s/d 2000 transkasi per hari maka pundi-pundi rupiah anda akan semakin menumpuk.

Yang perlu dperhatikan adalah, bisnis server pulsa adalah bisnis dengan memutar uang orang lain, dan kita mendapatkan sedikit demi sedikit keutungannya. Jadi jika tidak disiplin dalam mengelola keuangan maka server pulsa anda bisa gulung tikar cepat atau lambat.

Demikian artikel mengenai alat-alat server pulsa, semoga bisa menjadi bekal untuk anda dalam memulai bisnis server pulsa.