Masjid Unik di Porto Novo Benin

Grande Mosquee de Porto Novo atau The Great Mosque of Porto-Novo atau Masjid Agung Porto Novo yaitu masjid agung tua di kota Porto Novo, Ibukota Republik Benin. Masjid Agung yang lebih serupa satu bangunan katedral ini terkadang juga dikatakan sebagai Brazilian Mosque lantaran memiliki bentuk yang benar-benar sangat serupa dengan satu katedral bergaya Brazil.

Nama Porto Novo maupun Republik Benin memanglah tak popular di Indonesia, letak negara Afrika Barat satu ini memanglah terbentang beberapa ribu km. dari Indonesia. Tempatnya ada di pantai barat benua Afrika. Bertetangga dengan Togo di samping barat, Nigeria di samping timur serta Burkina Faso dan Niger di samping utara. walau ada di pantai barat Afrika tetapi lantaran letaknya yang ada di teluk Guyana, lokasi negara Benin benar benar utuh menjulur dari utara ke selatan menghadap ke Teluk Guyana di Samudera Atlantik.

Tempat Benin di benua Afrika
Benin termasuk sebagai negara dengan perubahan yang cukup lambat didunia, di era ke 17 sampai era ke 19 Benin ada dibawah kekuasaan Kerajaan Dahomey, yang malah melegalkan perdagangan budak, mengakibatkan negara ini jadi satu diantara sentra perdagangan budak di saat perdagangan busak trans-atlantik di era ke 17, beberapa ribu warga negeri ini di kirim ke ‘Dunia Baru’ di benua Amerika oleh bangsa Eropa sebagai budak, karena sangat populer nya lokasi ini sebagai sentra perbudakan hingga sampai pantai Benin saat itu di kenal sebagai ‘The Slave Coast” atau Pantai Budak.

Sesudah praktik perbudakan dihapus, Prancis menggantikan lokasi ini sebagai koloni baru nya serta merubah namanya jadi French Dahomey atau Dahomey Prancis di th. 1872 hingga lalu negara ini mencapai kemerdekaannya 1 Agustus 1960 serta jadi Republik Demokrasi sampai sekarang ini. Kubah masjid zyncalume Republik Benin Ber-Ibukota di Porto Novo walau pemerintahannya malah menetap di kota Cotonou yang disebut kota paling besar di Benin.

Keseluruhnya lokasi Benin sekitaran 110 ribu km. persegi denga jumlah masyarakat sekitaran 9 juta jiwa. Walau sudah merdeka mulai sejak th. 1960 negara ini cukup lamban gerakan pembangunannya, keadaan pertikaian politik pernah menimpa negara ini serta ikut jadi memperburuk perekonomiannya. Pusat kota Porto Novo sendiri yang disebut ibukota negara, tidak jauh tidak sama dengan satu kota kecamatan di pulau Jawa dengan pasar tradisional sebagai satu diantara sentra ekonomi.

Bhs Prancis yaitu bhs resmi negara termasuk juga bhs asli setempat seperti Bhs Fond an Yoruba, mulai sejak merdeka Benin dengan cara resmi sudah jadi anggota PBB, Uni Afrika, Organisasi Hubungan kerja Islam, Zona Hubungan kerja serta Perdamaian Atlantik Selatan, La Francophonie, the Community of Sahel-Saharan States, the African Petroleum Producers Association serta the Niger Basin Authority.