Tips Untuk Mengatasi Penyakit Asam Lambung

Tips Untuk Mengatasi Penyakit Asam Lambung

Penyakit asam lambung atau lebih dikenal dengan bahasa medis GERD merupakan masalah yang cukup umum terjadi di Indonesia. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh naiknya asam lambung dan akan menimbulkan nyeri pada ulu hati bahkan sampai sensasi terbakar di sekitar dada. Asam lambung akan naik karena otot yang manjadi penghalang antara kerongkongan dan lambung melemah sehingga dengan mudah asam lambung naik menuju kerongkongan dan menyebabkan mual atau bahkan sampai muntah.

Meskipun penyebab utama asam lambung adalah otot LES yang melemah tetapi ada beberapa faktor yang bisa memicu asam lambung naik. Seperti berat badan yang berlebih atau obesitas, terlalu banyak konsumsi kopi, minuman beralkohol atau terlalu sering merokok.

Selain mengalami nyeri di ulu hati, mual, dan muntah jika kondisi sudah benar-benar kronis bahkan bisa menyebabkan komplikasi berat seperti terjadinya penyempitan keongkongan yang akan menyebabkan sulitnya menelan makanan.

Tips Untuk Mengatasi Penyakit Asam Lambung

Untuk mengatasi gejala dan menghindari terjadinya komplikasi penyakit asam lambung lakukan beberapa tips berikut ini :

1. Hindari langsung tidur setelah makan
Untuk mengatasi gejala dan mencegah terjadinya komplikasi berat akibat asam lambung saat setelah makan sebaiknya anda jangan langsung tidur. Beri jarak minimal sekitar 3 jam setelah makan. Hal ini sangat perlu anda perhatikan karena saat setelah makan produksi asam dalam lambung akan meningkat. Selain itu, posisi tubuh yang telentang pada saat tidur juga akan membuat aliran asam lambung naik menuju esofagus dengan mudah. Inilah yang umumnya menyebabkan nyeri di sekitar ulu hati.

2. Sering makan dengan porsi kecil
Sering makan dalam porsi kecil merupakan salah satu solusi untuk mengatasi gejala dan mencegah komplikasi asam lambung. Jadi lebih baik makan sering, tetapi dalam porsi yang lebih kecil dibandingkan makan teratur tetapi dengan porsi yang berlebihan. Karena porsi makan yang terlalu banyak akan perut terasa penuh. Bahkan hal ini juga akan membuat lambung terus terisi dan produksi asam lambung akan meningakat dengan cepat.

3. Hindari makanan ini Makanan berlemak
Konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak seperti alkohol, cokelat, dan kopi tentu akan melonggarkan sfingter esofagus. Sfingter merupakan katup yang membatasi antara esofagus dan lambung. Jika otot ini melonggar, secara otomatis asam lambung akan dengan mudah naik dan menyebabkan nyeri pada ulu hati.

4. Berhenti merokok
Jika anda seorang perokok aktif, segera kurangi atau hindari rokok. Karena rokok merupakan sumber penyakit, salah satunya dapat meningkatkan nyeri pada ulu hati. Nikotin yang ada dalam rokok dapat menyebabkan sfingter esofagus melonggar. Sehingga asam lambung akan naik dengan mudah. Jadi, tidak heran jika perokok yang menderita asam lambung akan lebih sering mengalami nyeri pada ulu hati.

5. Saat tidur posisikan kepada lebih tinggi dari badan
Saat tidur usahakan menggunakan bantal yang bisa membuat posisi kepala anda lebih tinggi dari tubuh minimal 15cm. Hal seperti ini dipercaya dapat memperlambat naiknya asam lambung pada saat tidur.

Selain melakukan tips seperti di atas, Anda juga harus berani mencoba yang namanya pengobatan asam lambung dengan obat asam lambung yang benar benar alami yang bisa Anda dapatkan di situs kesehatan http://www.beritaharianmu.com