Off-Road di Lava Tour Merapi Kali Adem

Jika ada istilah “sengsara membawa nikmat” maka kata-kata tersebut sangat tepat jika dikaatkan dengan kondisi di Desa Kali Adem saat ini. Erupsi besar pada tahun 2010 yang yang menewaskan beberapa warga serta meluluh lantakkan desa-desa di kawasan Cangkringan dan sekitarnya dan juga memaksa warga untuk relokasi dari tempat tinggalnya sekarang membawa berkah bagi warga sekitar. Pilih paket tour Jogja murah dengan berbagai jenis pilihan yang kami sediakan.

Pasca erupsi tersebut, banyak orang yang penasaran dan datang ke kawasan ini untuk melihat dari dekat kondisi tempat ini setelah erupsi. Melihat situasi ini beberapa pihak melihat peluang bisnis dari aktivitas para wisatawan yang datang ke tempat ini. Mereka pada akhirnya mengembangkan sebuah wisata alam yang dipadukan dengan kegiatan olahraga ekstrim yaitu Lava Tour Merapi atau Volcano Tour Merapi.

Tour ini menjadi spesial karena wisatawan diajak berkeliling kawasan yang terkena dampak langsung erupsi Merapi dengan Mengunakan kendaraan Jeep. Dengan jeep inilah wisatawan akan diajak berkeliling mengunjungi tempat-tempat yang dulunya berupa perkampunagan yang sekarang telah rata menjadi tanah dan bangunan yang tersisa telah hancur dan dipenuhi oleh tumbuh-tumbuhan hijau.

Saat ini terdapat berbagai macam operator atau penyedia layanan jasa tour Merapi di Kawasan Kaliadem. Terdapat ratusan jeep dari berbagai jenis seperti Willys maupun hardtop yang siap mengajak para pengunjung unutuk bertualang  dan beroff-road ke tempat-tempat yang telah ditentukan. Ramainya ativitas ini membawa berkah bagi para warga sekitar. Mereka yang dulunya hanya menjadi petani dan peternak sekarang bisa bekerja sebagai sopir jeep yang merangkap sebagai pemandu tour.  Warung-warung sederhana pun banyak yang didirikan oleh para warga sehingga kegiatan ekonomi berjalan dengan baik di kawasan wisata ini.

Di Lava Tour Merapi ini terdapat bebepa buah paket yaitu paket pendek, sedang dan panjang. Untuk paket pendek dihargai Rp. 350.00,- per jeep, paket sedang dihargai Rp. 450.00,- per jeep dan untuk paket panjang dihargai Rp. 550.00,- per jeep. Terdapat pula paket sunrise yang mana wisatawan bisa melihat keindahan sunrise dari Kaliadem. Kapasitas penumpang di jeep adalah 4 hingga 5 orang tergantung ukuran badan penumpang namun pada umumnya jeep dinaiki oleh 4 orang penumpang.