Manfaat Ampuh Kopi Gayo bagi Tubuh

Kopi adalah salah satu minuman yang populer di Indonesia. Dari kalangan anak muda sampai orang tua, kita bisa melihat bahwa pecandu kopi sangat banyak. Dari sumatera sampai papua, orang – orang tertarik dengan minuman tersebut.

Selain kopi hijau salah satunya adalah kopi gayo dari Aceh, yang sudah tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Dan tak hanya di Indonesia, kopi gayo telah menjajah sampai ke wilayah dunia dan memang di terima sangat baik bagi para penduduk luar negri. Karena itulah, sampai saat ini Aceh sangat berkembang untuk hal produksi kopi, khususnya kopi gayo. Nah, kita akan mengulas apa itu kopi gayo dan bagaimana penduduk Aceh bisa menghasilkan kopi yang top tersebut.

Kopi Gayo adalah kopi yang berasal dari Aceh yang sekarang ini sangat populer di dunia. Kopi gayo merupakan kopi jenis arabika yang di budidayakan di wilayah dataran tinggi Tanah Gayo, Aceh Tenggara dan Kabupaten Pidie.

Produksi kopi arabika ini merupakan yang terbesar di Asia. Karena memang keunggulan kopi ini adalah rasa dan aroma yang tak bisa dikalahkan. Di daerah tersebut kopi ditanam dengan cara organik tanpa bahan kimia sehingga kopi ini juga dikenal dengan kopi hijau atau disebut juga ramah lingkungan.

Perkebunan kopi gayo biasanya berada di perbukitan dan gunung dan di kenal dengan Gayo 1 dan Gayo 2. Petani – petani kopi gayo sangat mempunyai cara yang unik, sehingga orang – orang yang datang kesana betah berlama – lama untuk tetap tinggal dan mengamati kegiatan bertani mereka. Kopi gayo di Aceh disajikan dengan cara modern dengan menggunakan mesin espresso.

Di Aceh, penduduknya di kenal sebagai pecandu kopi kelas berat. Tek heran sekali hal ini membuat Kota Aceh di penuhi banyak warung kopi dan di isi oleh semua golongan masyarakat. Di luar Aceh pun kita bisa menemukan kopi ini di warung atau kedai kopi khusus yang memang menyediakannya.

Karena di Indonesia sendiri kopi gayo sudah sangat populer bagi masyarakat.
Bukan hanya kenikmatan yang di dapatkan ketika meminum kopi tersebut, tetapi juga banyak manfaat.

Sedikit dari kita yang tahu, bahwa salah satu manfaat minum kopi gayo adalah untuk menangkal radikal bebas atau bisa disebut gen penangkal kanker, sehingga sangat kecil kemungkinan kita akan di serang oleh penyakit mematikan itu. selain itu kandungan kafein di dalam kopi dapat memberikan dorongan metabolisme yang dapat membantu penurunan berat badan dan meningkatkan energi.

Juga sebuah penelitian sudah menemukan bahwa orang yang minum kopi setidaknya satu atau dua cangkir sehari memiliki nilai yang lebih tinggi secara signifikan pada daya ingat, kemampuan kognitif, pemahaman logika dan tes IQ dasar. Dan kandungan kafein yang ada pada kopi dapat mengurangi derita sakit kepala. Penderita sakit kepala atau migran ringan terbukti daat disembuhkan dengan meminum secangkir kopi.

Jadi itulah dia sedikit ulasan tentang kopi gayo, yang mana telah menduduki posisi populer untuk kelas dunia. Untuk anda yang belum pernah mencoba, buruan di coba. Dan kepada anda yang memang suka atau terbilang candu dengan kopi gayo, manfaatkanlah kopi tersebut bagi kesehatan anda. Konsumsilah secara wajar dan tidak berlebihan, walaupun anda adalah pecandu berat. Karena itu akan membahayakan diri anda sendiri. Selamat mencoba dan menikmati kopi nusantara.