Objek Wisata Jogja Yang Maksimal Hanya Bisa Di Jangkau Dengan Mobil Elf

Beberapa objek wisata di Jogja tidak bisa dimasuki oleh kendaraan besar seperti medium bus apalagi big bus. Hal tersebut terjadi karena beberapa objek wisata lokasinya terlarang untuk dimasuki oleh bus dan ada juga karena lokasinya yang sulit dijangkau oleh kendaraan besar dan juga karena jalannya yang sempit. Oleh karena itu banyak wisatawan yang memilih untuk menyewa kendaraan seperti Isuzu Elf agar mereka bisa mengunjungi tempat-tempat wisata yang bisa langsung dimasuki oleh kendaraan jenis ini. Sewa Elf di Jogja menjadi pilihan utama bagi para wisatawan. Objek wisata apa saja yang maksimal bisa dimasuki oleh kendaraan ukuran sedang, semuanya akan kami bahas secara singkat dan jelas di artikel ini.

  1. Keraton Yogyakarta

Beberapa tahun ini, pemerintah dan pihak keraton melarang semua jenis bus untuk masuk ke kawasan keraton. Saat ini armada bus harus parkir di beberapa kantong parkir yang telah disediakan seperti di Parkiran Senopati dan parkiran lainnya. Untuk sampai ke Keraton, wisatawan harus jalan kaki atau naik kendaraan lain seperti andong, becak atau bisa mengunakan jasa antar jemput yang ada. Tentu saja hal tersebut merepotkan bagi sebagian orang sehingga mereka memilih untuk menyewa Isuzu Elf dibanding menyewa bus.

  1. Tamansari

Objek wisata selanjutnya adalah Tamansari. Tamansari merupakan bekas tempat istirahat bagi anggota Keraton Yogyakarta. Karena kawasan ini masih berada di kawasan keraton maka wisatawan maksimal hanya bisa mengunakan kendaraan Elf atau sejenisnya. Sama seperti keraton, wisatawan yang mengunakan armada bus harus berjalan kaki atau naik becak atau andong atau mengunakan jasa antar jemput.

  1. Kalibiru

Selanjutnya objek wisata yang maksimal hanya bisa dilewati oleh kendaraan Elf adalah Desa Wisata Kalibiru. Kawasan wisata ini tidak bisa dilalui oleh kendaraan jenis bus karena jalannya yang sempit. Selain itu untuk sampai ke puncak bukit, kendaraan harus menaiki tanjakan yang curam dan juga jalan yang berliku-liku. Oleh sebab itu bus tidak diperkenankan untuk memalui jalan ini. Jika ada wisatwan yang mengunakan bus pariwisata, solusinya adalah dengan menyewa jeep atau dengan naik ojek. Tentu saja hal tersebut akan menambah pengeluaran sehingga banyak wisatawan yang memilih menyewa elf agar bisa sampai langsung ke lokasi wisata ini.

  1. Alun-alun Kidul

Sama seperti keraton dan Tamansari, bus tidak bisa masuk ke kawasan ini karena dilarang oleh permerintah. Selain itu kawasan ini juga jalannya sempit sehingga bus akan kesulitan jika melaluinya. Kebanyakan rombongan wisatwan yang mengunakan bus akan berjalan kaki dari tempat parkir bus yang lokasinya cukup jauh.

Demikan penjelasan singkat mengenai objek wisata yang tidak bisa dilalui oleh bus dan maksimal hanya bisa dilewati oleh kendaraan jenis Elf. Masih banyak tempat-tempat lainnya yang terkendala peraturan atau akses jalan yang kami bahas di lain kesempatan. Semoga artikel ini bisa menjadi tambahan informasi dan referensi saat berkunjung ke Jogja.