Persiapan Cetak Sablon Kaos

Sablon Kaos adalah teknik mencetak tinta diatas bahan baju atau kaos dengan bentuk yang bervariasi sesuai keinginan. Dalam penyablonan, digunakan bantuan screen sablon dan rakel sablon. Sablon dibagi menjadi sablon manual dan sablo digital. Sablon digital biasa disebut dengan digital printing sedangkan sablon manual biasa disebut screen printing atau cetak saring. Tentu saja alat-alat penyablonan dalam sablon kaos manual dan digital berbeda, sablon kaos manual mengunakan alat saring berupa kain sutra, nylon, polyester yang dianyam pada bingkai kayu sedangkan Sablon Kaos digital menggunakan alat elektronik yaitu printer dengan jenis transfer paper, flock, atau DTG (Direct to Garment).

cetak sablon kaos

Hal-hal yang harus disiapkan ketika sablon kaos manual diantaranya siapkan kaos yang akan dicetak (biasanya berwarna terang), siapkan papan tripleks dengan ukuran sesuai kaos, siapkan screen dengan gambar, siapkan rakel yang sudah terpasang pegangan rakel, siapkan tinta sablon tekstil, siapkan lembar plastik dan lakban secukupnya, siapkan kain katun dan air secukupnya. Adapun cara pencetakan Sablon Kaos,

  1. Persiapkan kaos, masukkan tatakan tripleks dalam kaos.
  2. Letakkan screen sablon di atas kaos,posisikan letak gambar sesuai dengan keinginan anda.
  3. Tuangkan tinta pada tepi gambar bagian atas, kemudian, tarik cat sablon ke arah bawah menggunakan rakel dengan tekanan yang rata.
  4. Angkat rangka screen perlahan-lahan, kemudian keringkan kaos tersebut.

Setelah melakukan tahap pencetakan, kemudian anda perlu melakukan proses drying atau pengeringan, proses curing, dan proses burning atau pengopenan. Proses drying dapat dilakukan dengan proses alami seperti penjemuran atau dengan bantuan mesin seperti kipas angin, blower, dan lainnya. Proses curing dibutuhkan alat khusus bergantung pada tinta dengan jenis tertentu, ada beberapa tinta dengan jenis tertentu yang harus menggunakan mesin conveyer atau flash heater dalam proses curing, namun ada juga yang memerlukan mesin hot press. Proses burning tau pengopenan secara dasar adalah proses membakar atau memanggang tinta sehingga tinta tersebut mencapai titik pengeringan yang sempurna. Setelah semua tahap terlaksana, sablon kaos anda siap digunakan.