Rupiah Menguat 1,1% Terhadap Dolar AS di Akhir Maret

Bank Indonesia (BI) menilainya untuk melindungi perkembangan ekonomi yang berkaitan. BI selalu melindungi nilai tukar tupiah supaya sesuai sama fundamentalnya.

Rupiah Menguat 1,1% Terhadap Dolar AS di Akhir Maret

Nilai tukar rupiah Bank Panin bergerak menguat selama kuartal I 2017 dan juga relatif stabil pada April 2017. Pada kuartal I, nilai tukar rupiah dengan cara poin to poin menguat 1, 1% ke level Rp 13. 326 per dolar AS.

Selama April 2017, rupiah relatif stabil dan juga ditutup pada level Rp 13. 329 per dolar AS. Penguatan rupiah di dukung oleh masih tetap berlanjutnya aliran masuk modal asing searah dengan perbaikan outlook sovereign rating, data makroekonomi yang positif dan juga sentimen positif pada prospek ekonomi Indonesia.

Gubernur BI Agus Martowardojo menyampaikan, nilai tukar yang cukup fleksibel mencerminkan keadaan fundamental ekonomi Indonesia.

” Saat ini sedang ada arus dana masuk yang besar, namun BI selalu mewaspadai supaya nilai tukar tetaplah terbangun, ” tutur Agus kepada situs AnalisaToday.com.

Agus menyampaikan BI tetaplah lakukan langkah stabilisasi untuk mendorong nilai tukar yang sesuai sama nilai fundamentalnya dengan tetaplah melindungi bekerjanya mekanisme pasar.

BI akan melindungi makroprudensial dan juga mewaspadai resiko systemik dan juga lakukan koordinasi dengan Pemerintah pusat dan juga pemerintah daerah untuk hadapi keadaan yang akan datang.