5 Hari: apa yang penting?

Hampir semua buah dan sayuran dihitung untuk 5 Hari Anda, jadi mungkin lebih mudah daripada yang Anda pikirkan untuk mendapatkan jumlah harian yang disarankan.

Sekilas: apa yang penting?

80 g buah dan sayuran segar, kalengan dan atau beku dihitung sebagai satu porsi 5 A Day. Pilihlah buah dan sayuran kaleng atau kalengan dengan jus alami atau air, tanpa menambahkan gula atau garam.

30g buah kering (ini setara dengan sekitar 80g buah segar) dihitung sebagai satu porsi 5 A Day.

Buah kering harus dimakan pada waktu makan, bukan sebagai makanan ringan antar-makan, untuk mengurangi risiko kerusakan gigi.

Beberapa bagian hanya dihitung satu kali dalam sehari:
Jus buah 150ml, jus sayur atau smoothie. Batasi jumlah yang Anda minum hingga jumlah gabungan 150 ml sehari. Menghancurkan buah dan sayuran menjadi jus dan smoothies melepaskan gula yang terkandung dalam buah dan sayuran, yang dapat menyebabkan kerusakan pada gigi.

80 g kacang dan kacang-kacangan. Ini hanya dihitung sebagai satu porsi 5 A Day sehari, tidak peduli berapa banyak yang Anda makan. Hal ini karena, walaupun mereka adalah sumber serat yang baik, nutrisi ini mengandung lebih sedikit nutrisi daripada buah dan sayuran lainnya.

Untuk ukuran porsi yang lebih banyak, lihat 5 porsi porsi Hari.

Berbagai jenis buah dan sayuran

Buah dan sayuran tidak harus segar untuk dihitung sebagai porsi. Mereka juga tidak harus dimakan sendiri: mereka juga menghitung apakah mereka adalah bagian dari makanan atau hidangan.

Berikut ini semua juga dihitung terhadap 5 Hari Anda:
Beku buah dan sayuran.
Buah kaleng atau kalengan. Beli yang diberi kaleng jus alami atau air, tanpa tambahan gula atau garam.
Buah dan sayuran dimasak dalam masakan seperti sup, stews atau pasta.
Bagian 30g buah kering, seperti kismis, kurma, sultana dan buah ara, dihitung sebagai salah satu dari 5 Hari Anda, namun harus dimakan pada waktu makan, bukan sebagai kudapan antara makanan, untuk mengurangi dampak pada gigi.
Buah dan sayuran dalam makanan enak, seperti makanan siap saji dan saus pasta yang dibeli di toko, sup dan puding.
Beberapa makanan siap saji mengandung garam, gula dan lemak tinggi, sehingga hanya kadang-kadang atau dalam jumlah kecil. Anda bisa menemukan kandungan garam, gula dan lemak dari makanan siap pakai pada label. Untuk informasi lebih lanjut, lihat halaman kami tentang label makanan.

Minuman dan 5 Hari
Awasi jumlah jus buah dan smoothies yang Anda minum. Nasihat saat ini adalah membatasi konsumsi jus buah / sayuran dan smoothies hingga jumlah total 150 ml sehari (satu porsi). Menghancurkan buah menjadi jus juga melepaskan gula yang terkandung di dalam buah, yang dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Bahkan jus buah dan smoothies tanpa gula manis, sangat membatasi jumlah 150 ml sehari.

Dilatasi dengan air (masih atau berkilau) bisa membuat 150ml jus buah melangkah lebih jauh, jika Anda haus.

Triple T Dr Azlan

Ingatlah untuk menyimpan jus buah dan smoothies untuk waktu makan, untuk mengurangi dampak pada gigi.

Untuk lebih jelasnya, lihat 5 A Day FAQs.

Apakah kentang menghitung 5 hari saya?
Kentang adalah makanan bertepung dan sumber energi, serat, vitamin B dan potassium yang hebat.
Di Inggris, kita mendapatkan banyak vitamin C dari kentang. Meskipun mereka biasanya hanya mengandung sekitar 11-16 mg vitamin C per 100 g kentang, biasanya kita makan banyak dari mereka.
Saat dimakan sebagai bagian dari makanan, kentang umumnya digunakan sebagai pengganti sumber pati lainnya, seperti roti, pasta atau nasi. Karena ini, mereka tidak menghitung 5 harimu.
Sayuran lain yang tidak diperhitungkan dalam 5 A Day adalah ubi jalar, singkong dan pisang raja. Mereka juga biasanya dimakan sebagai makanan bertepung.
Ubi jalar, parsnips, swedes dan lobak menghitung ke 5 hari Anda, karena biasanya dimakan di samping makanan bagian tepung makanan.
Kentang memainkan peran penting dalam makanan Anda, bahkan jika tidak dimasak dengan garam atau lemak, bahkan jika mereka tidak menghitung 5 hari Anda. Yang terbaik adalah memakannya tanpa menambahkan garam atau lemak.
Mereka juga merupakan sumber serat yang baik, jadi biarkan kulit di tempat yang memungkinkan, untuk menyimpan lebih banyak serat dan vitamin. Misalnya, jika Anda memiliki kentang rebus atau kentang jaket, pastikan Anda mengonsumsi kulit juga.