Melegakan Internal Memori Android Tanpa Partisi

Bagi anda pengguna android mungkin pernah atau sedang mengalami kendala memori internal yang penuh walaupun anda sudah menginstall aplikasi di sd card.
hal ini karena tidak semua data aplikasi disimpan di sd card, melainkan ada beberapa data yang tersimpan di internal memori seperti Dex, Data, dan Cache aplikasi.
Sehingga semakin banyak aplikasi yang di install ke smartphone anda, akan semakin berkurang free space internal memori nya.

Kali ini tidak seperti kebanyakan tutorial yang lain untuk menambah free space internal memori, pada tutorial ini anda tidak perlu mem-partisi sd card anda, sehingga sangat cocok bagi anda yang hanya memiliki sd card dengan ukuran dan class yang rendah.

Syarat:
1. Smartphone sudah di root
2. ROM sudah di odexed.
Tutorial Odex
ciri-ciri ROM yang sudah odexed, buka dir /system/app/ cek apakah ada file dengan ekstensi *.odex, contohnya phone.odex. Apabila ada berarti ROM sudah di odexed, apabila tidak ada, berarti ROM tidak di odexed.
untuk tutorial cara odex rom, silahkan googling sendiri, karena masing-masing rom punya cara sendiri untuk di odex.

setelah syarat sudah dipenuhi, tutorial melegakan internal memori:
1. Buka Root Explorer, atau file manager lain yang bisa Read and Write System.
2. Buka direktori /data/dalvik-cache/
3. remove semua file yang awalannya system@
4. done.

bisa dilihat pada screenshot, internal memori yang terpakai hanya 23 MB yang biasanya sebelum menggunakan tutorial ini bisa melebihi 100 MB.