Resep Sate Padang Asli Sumatera Barat Indonesia

Padang merupakan salah satu kota yang ada di Indonesia yang menyimpan sejuta pesona termasuk juga dalam kulinernya. Salah satu kuliner khas dan terkenal dari padang adalah sate padang. Sate ini berbeda dengan lainnya dalam hal bumbu atau kuah yang dijadikan pelengkap atau pendamping sate. Dalam tulisan kali ini akan menyajikan tentang resep sate padang asli. Resep ini asli dari Padang dan dapat dibuktikan kelezatannya. Satu hal lagi yang membedakan sate padang dengan yang lainnya yaitu pemilihan dagingnya. Daging yang dipilih untuk membuat sate padang adalah daging sapi, lidah dan jeroan. Jeroan ini berupa jantung, tetelan dan usus.

Resep Sate Padang

Bahan yang digunakan untuk membuat resep sate padang asli tidak terlalu sulit anda dapat mendapatkannya di pasar tradisional ataupun pasar swalayan. Bahan yang diperlukan yaitu 1 kg daging sapi dicampur dengan jantung, usus dan tetelan. Jika anda ingin dapat ditambahkan sedikit lidah sapi. Bahan lainnya yaitu 1 sendok teh garam, 1 liter air, 2 lembar daun kunyit yang dirobek-robek, 5 sendok makan minyak goreng, 10 lembar daun jeruk, 3 batang serai yang dimemarkan, 3 cm lengkuas yang juga dimemarkan, 1 asam kandis, 1 sendok makan kari bubuk, 2 sendok makan kanji, 50 gr tepung beras, tusuk sate dan bawang goreng.

Selain bahan-bahan tadi anda juga perlu untuk mempersiapkan bumbu yang dihaluskan. Dalam resep sate padang asli ada bumbu halus yang harus dibuat. Bahan yang digunakan untuk membuat bumbu halus yaitu 12 siung bawang merah, 6 siung bawang putih,  1 sendok makan cabe halus, 4 cm kunyit, 4 cm jahe, 1 ½ sendok teh merica, dan 2 sendok teh garam. Semua bahan-bahan tadi dihaluskan sampai halus dengan menggunakan blender.

Setelah menyiapkan semua bahannya rebuslah daging sapi dan jeroan tambahkan sedikit garam. Kaldu yang untuk merebus tadi pisahkan sekitar 700 ml. Daging sapi tadi yang sudah direbus di potong dadu. Siapkan minyak goreng kemudian tumis semua bumbu halus beserta daun kunyit, daun jeruk, serai, bumbu kari dan lengkuas. Tumis sampai harum, pisahkan 2/3 bumbu tumis dan masukkan kedalam kaldu. Rebus kembali dan tambahkan asam kandis. Larutkan tepung beras dengan air aduk rata dan masukkan dalam rebusan kaldu sambil diaduk rata sampai mengental dan meletup-letup serta bau tepung hilang. Daging yang sudah dipotong tadi lumurkan daging dengan sisa bumbu tumis tadi sambil digoreng sampai bumbu meresap. Setelah itu tusuk dengan tusuk sate dan bakar hingga matang. Sajikan dengan kuah kaldu yang sudah dibuat.  Resep sate padang asli ini dapat anda jadikan pilihan untuk menu makan siang.

Sumber : http://www.ideresepmasakanku.com