Menikmati Keindahan Pantai Santolo yang Asri dan damai

Pantai Santolo, mungkin pantai ini masih asing ditelinga orang diluar daerah Garut dan sekitarnya. Padahal pantai Santolo menawarkan keindahan pantai serta pemandangan alamnya yang masih asri dan terjaga. Pantai Santolo berlokasi di kabupaten Garut jawa Barat tepatnya di desa Pamengpeuk kecamatan Cikaret.  Akses menuju ke pantai ini masih sangat berliku-liku tapi jalanan sudah bagus, dan kita akan melewati pegunungan yang hijau serta hutan sebelum kita sampai ke pantai Santolo. Dan di area pantai Santolo kita bisa menikmati dua wisata yaitu pantai santolo dan Pulau Santolo, semua itu akan kita ulas berikut ini.

Keindahan Pantai Santolo

Pantai SantoloPantai Santolo di desa pamengpeuk merupakan pantai yang mempunyai pasir putih dan pantai santolo ini sangat aman buat arena bermain air sehingga para keluarga tidak khawatir apa bila para putranya bermain di area pantai Santolo. Terlepas itu kita harus tetap waspada terhadap ombak yang kadang datang dengan gelombang yang besar. Untuk masalah urusan perut jangan khawatir karena di area pantai Santolo banyak nelayan sehingga banyak penjual ikan segar yang menjajakan lapaknya. Bagi yang ingin dimasak disana banyak rumah makan yang mau mengolah ikan dari kita. Sehingga kita bisa menikmati makan di area pantai yang asri nyaman.

Selain itu diarea pantai Santolo juga terdapat pusat studi dan pelatihan peluncuran roket dari LAPAN, sehingga apabila kita beruntung kita juga bisa melihat roket hasil karya dari anak negri. Keunikan pantai santolo terletak pada permukaan air laut dari selatan dan barat mempunyai ketinggian yang berbeda. Sehingga kita juga bisa menikmati sunsside dan sunrise  dengan pengalaman yang berbeda karena perbedaan permukaan air laut tersebut memunculkan pancaran sinar matahari yang lebih indah.

Perpaduan keindahan Pantai dan Pulau Santolo

Akses menuju pulau Santolo sangatlah mudah, dari pantai Santolo kita tinggal menyeberanginya dengan kapal nelayan yang telah ngetem disana dan biaya penyeberangannya sangat murah. Setelah kita sampai di pulau ini kita akan disuguhi bibir pantai yang indah dan dangkal dan sedikit pasir di pulau Santolo. Didalam pulau terdapat pula dermaga yang dibangun pada zaman pemerintah kolonial Belanda yang masih berdiri tegak serta gudang-gudang bekas peninggalan pemerintahan Belanda.

Bisa dikata dulu pulau sentolo perannya sangat strategis buat Belanda untuk pelayaran dan mengeruk kekayaan kita. Sampai saat ini pulau ini juga sering dimanfaatkan untuk arena perkemahan karena lokasinya yang masih asri dan alami sehingga sangat strategis para petualang. Dan setelah kita capek akan aktifitas yang ada dipulau dan pantai sentolo kita bisa beristirahat dan menginap di losmen-losmen yang banyak akan bisa ditemui disekitaran pantai Santolo.

Sumber : http://www.objektempatwisata.com/