Cara Mengatasi Gout atau Penyakit Asam Urat

Penyakit Asam Urat (Gout)

Asam urat atau di dalam istilah medisnya disebut dengan gout adalah penyakit yang disebabkan oleh penumpukan asam urat yang tidak mampu tidak mampu dikeluarkan melalui urin oleh ginjal. Penumpukan asam urat di sekitar persendian ini kemudian akan mengkristal, sehingga menimbukan nyeri bahkan bengkak di sekitar sendi. Meskipun pada umumnya asam urat ini bisa menyerang bagian sendi manapun dalam tubuh, tetapi yang lebih sering terkena serangan asam urat adalah sendi jempol kaki.

Cara Mengatasi Gout atau Penyakit Asam Urat

Asam urat memang mempunyai peran penting dalam tubuh, tetapi jika produksi asam urat berlebihan akan menyebabkan gout yang menyerang sendi. Sekitar 80% asam urat diproduksi oleh organ hati, dan sisanya biasanya bersumber dari makanan. Jadi saat konsumsi makanan dengan kandungan asam urat tinggi, secara tidak langsung produksi asam urat akan meningkat dan semakin menumpuk di dalam tubuh. Dengan kondisi ini Anda harus segera mencoba untuk mengkonsumsi beberapa obat asam urat yang benar benar cocok dan terbukti serta memperhatian pola makan Anda.

Selain makanan, faktor lain yang menyebabkan tingginya kadar asam urat dalam tubuh adalah obesitas, hipertensi, dan diabetes. Bukan hanya nyeri di sekitar sendi asam urat juga dapat menimbulkan gejala lain seperti : kesemutas, sekitar sendi memerah, sendi terasa kaku saat digerakan, bahkan bisa menyebabkan pembengkakan pada sendi.

Cara Mengatasi Gout atau Penyakit Asam Urat

Berikut adalah beberapa tips untuk mengurangi dan menyembuhkan asam urat :

  • Perbanyak konsumsi makanan dengan kandungan potasium tinggi seperti pisang, dan kentang
  • Konsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C, seperti jeruk, strawberry, dan pepaya
  • Buah dan sayur yang bisa mengurangi asam urat seperti buah naga, belimbing wuluh, labu kuning, sawi, jahe, dan serai.
  • Konsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong, dan ubi
  • Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula atau bahan pemanis lain
  • Hindari konsumsi obat kimia
  • Jangan berkerja terlalu keras
  • Jika anda mengalami obesitas, turunkan berat badan hingga mencapai ideal
  • Penuhi nutrisi yang di butuhkan tubuh

Selain melakukan itu anda juga perlu menerapkan gaya hidup sehat dan rutin melakukan olahraga, agar sistem persendian tidak terlalu kaku. Jika kondisi sendi sedang membengkak segera kompres dengan menggunakan es yang sebelumnya telah di balut dengan kain lembut. Itulah beberapa tips yang bisa kami berikan untuk mengatasi asam urat secara alami.