Jenis Mikroskop Berdasarkan Lensa Okuler

Jenis Mikroskop Berdasarkan Lensa Okuler – Dalam sebuah laboratorium, baik itu biologi, kimia, geologi dan juga laboratorium medis dibutuhkan sebuah alat yang digunakan untuk melihat benda – benda kecil yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.

Saya rasa anda dan mengerti alat apa yang saya maksudkan. Tentu saja alat tersebut adalah mikroskop. Mikroskop merupakan salah satu penunjang alat laboratorium yang banyak digunakan untuk keperluan penelitian. Tahukah anda berapa harga satu unit mikroskop ? Anda bisa mencari informasi ini di toko alat laboratorium yang jual mikroskop dengan berbagai macam dan jenis.

Mengenal Pengertian Mikroskop

Telah saya sebutkan sedikit diatas bahwa mikroskop adalah sebuah alat optik yang digunakan untuk melihat benda – benda dengan ukuran sangat kecil yang tidak dapat dilihat dengan mata secara langsung. Mikroskop digunakan untuk berbagai keperluan. Di sekolah mikroskop digunakan untuk alat penunjang materi mata pelajaran Biologi yaitu untuk melihat sel – sel daun, dan juga melihat struktur anatomi makhluk hidup yang memiliki ukuran sangat kecil.

Jenis – Jenis Mikroskop

Mikroskop bila kita kelompokan mempunyai banyak sekali jenisnya. Disini akan kita ambil satu contoh jenis mikroskop berdasarkan lensa okuler. Jenis mikroskop ini ada tidak macam.

1. Mikroskop Monokuler

jenis mikroskop

Dari namanya kita sudah dapat menggambarkan bagaimana mikroskop ini. Monokuler adalah sebuah mikroskop yang memiliki satu buah lensa okuler. Perlu anda ketahui bahwa lensa okuler adalah lensa yang berada dekat dengan mata pengamat. Untuk menggunakan mikroskop ini anda hanya bisa menggunakan satu mata. Mikroskop jenis ini biasanya digunakan di sekolah – sekolah untuk praktikum mata pelajaran Biologi. Selain harganya yang murah, toko tempat jual mikroskop jenis ini pun mudah untuk didapatkan karena banyak yang jual mikroskop cahaya monokuler ini.

2. Mikroskop Binokuler

jenis mikroskop

Binokuler mengandung makna dua buah. Jadi mikroskop ini memiliki lensa okuler sebanyak dua buah atau satu pasang. Hal ini didesain dari penyempurnaan mikroskop monokuler. Mungkin mikroskop jenis ini dibuat untuk memudahkan pengamatan. Kita akan lebih fokus dan mudah untuk melihat dengan menggunakan dua mata dari pada harus menutup satu mata.

3. Mikroskop Trinokuler

jenis mikroskop trinokuler

Sudah jelas, trinokuler adalah jenis mikroskop yang memiliki tiga buah lensa okuler. Ini adalah perpaduan antara jenis mikroskop monokuler dan juga mikroskop binokuler. Anda dapat melihat benda dengan menggunakan dua lensa (binokuler) sekaligus anda juga bisa melihat dari lensa monokulernya. Mikroskop jenis ini biasanya digunakan untuk teaching, dimana bagian lensa monokuler disambungkan dengan kamera digital untuk di display pada layar monitor.

Demikian sedikit informasi mengenai jenis mikroskop berdasarkan lensa okuler yang dapat kami sampaikan untuk anda. Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat untuk pembaca semua. Nantikan berbagai jenis informasi menarik di blog ini. Sekian dan terimakasih.