Mengenal Tentang Keadaan Bayi Prematur

Proses kelahiran yang lancar dan normal merupakan dambaan setiap ibu yang sedang mengandung. Selain itu keadaan bayi serta ibu yang sehat setelahnya tentu menjadi harapan yang paling utama. Namun pada kenyataannya sering terjadi suatu kelahiran yang tidak diharapkan, dimana bayi mengalami beberapa gangguan kesehatan seperti rendahnya suhu tubuh bayi sehingga mengharuskannya di rawat secara intensif didalam sebuah inkubator.

harga inkubator bayi merk gea

Sebuah alat medis yang dibuat khusus untuk menstabilkan suhu tubuh pada bayi yang mengalami kelainan suhu tubuh. Suhu dalam inkubator bisa di atur sesuai dengan keadaan bayi agar suhu tubuhnya bisa cepat kembali normal.

Untuk bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan atau mengetahui bagaimana langkah yang harus dilakukan bila hal tersebut terjadi, ada baiknya para orang tua mengetahui beberapa penyebab mengapa suhu tubuh bayi bisa rendah dan mengharuskannya di rawat di inkubator. Diantara yang menyebabkan suhu tubuh bayi rendah adalah karena suatu kelahiran yang terjadi secara prematur.

Berdasarkan data dari WHO tahun 2013, menyebutkan bahwa dari 100 kelahiran bayi yang ada di Indonesia 15 diantaranya ternyata terlahir secara prematur. Indonesia sendiri menempati peringkat ke 5 sebagai negara dengan tingkat kelahiran prematur yang paling tinggi. Bayi yang lahir secara prematur biasanya akan memiliki berat badan rendah dan tidak mempunyai cadangan lemak memadai untuk menghangatkan tubuhnya.

Selain permasalahan tersebut, bayi yang lahir secara prematur biasanya mengalami beberapa gangguan kesehatan lain seperti organ tubuhnya yang belum terbentuk secara sempurna sehingga kadar bilirubin pada bayi menjadi cukup tinggi. Hal ini lah yang menyebabkan seorang bayi menderita penyakit kuning. Bayi yang terlahir secara prematur juga terkadang mempunyai denyut jantung yang kurang stabil dan sering mengalami kesulitan bernapas.

Dengan dilakukannya perawatan inkubator maka kesehatan bayi akan bisa lebih terkontrol dengan baik, jadi para orang tua tidak perlu khawatir lagi terkait kesehatan bayinya.

Di rumah sakit inkubator yang disediakan ada berbagai macam jenis dan merk, yang paling banyak digunakan ada inkubator bermerk Gea. Selain karena kualitasnya yang sudah terjamin, harga inkubator bayi merk gea juga cukup terjangkau dan sudah banyak toko alat kesehatan yang jual inkubator bayi merk ini.

Meski bayi sedang menjalani perawatan di dalam inkubator, bukan berarti para orang tua tidak bisa memeluk dan menjalin kedekatan emosi dengan sang bayi.

Karena bila memungkinkan, orang tua tetap bisa sesekali menggendong serta memeluk bayi-nya dan justru hal seperti ini bisa memberikan kehangatan alami ke bayi. Kulit ibu dan bayi yang bersentuhan secara langsung disinyalir mampu mempercepat proses pemulihan bayi. Paling penting selalu konsultasikan kondisi bayi anda dengan dokter yang menangani supaya anda juga tahu hal-hal apa saja yang mesti dilakukan untuk membuat sang bayi sehat dan pulih kembali seperti bayi-bayi normal pada umumnya.