Tes Kesehatan Paru Dengan Alat Spirometer

Paru-paru merupakan salah satu organ vital di tubuh kita yang bertugas untuk menyalurkan oksigen ke seluruh bagian sel tubuh agar bisa terus berfungsi dengan baik, paru-paru juga bertugas untuk mengeluarkan zat karbondioksida melalui proses pernafasan atau respirasi, dimana karbaondioksida ini merupakan zat sisa metabolisme yang harus dibuang.

JUAL SPIROMETRI CHESTGRAP HI 101

Paru-paru berbeda dengan organ vital tubuh lainnya seperti jantung dan hati, karena selain jaringannya yang halus, organ paru-paru juga berhubungan langsung dengan lingkungan luar. Sehingga apapun yang kita hirup akan sangat berpengaruh pada kesehatan paru-paru. Asap rokok, bakteri, virus dan zat-zat berbahaya lain yang terkandung di udara bisa menyebabkan gangguan dan kerusakan pada saluran pernafasan juga paru-paru.

Pada paru-paru sehat orang dewasa biasanya memerlukan rata-rata 15 sampai 20 kali nafas per menit dan lebih dari 20.000 kali dalam sehari. Saat bernafas udara akan dibawa masuk ke dalam tubuh melalui hidung, tenggorokan, saluran nafas besar atau bronkus, saluran nafas kecil atau bronkiolus serta alveolus. Kemudian setelah itu akan dipindahkan ke aliran darah untuk disalurkan ke semua sel tubuh sebagai bahan bakar dalam menjaga kehidupan. Agar paru-paru tetap sehat dan berfungsi normal maka perlu dijaga dengan menjalani gaya hidup sehat, karena apabila sampai terjadi gangguan maka organ tubuh lainnya pun akan ikut terkena dampaknya dan otomatis sistem kerja tubuh secara keselurahan akan terganggu.

Beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kinerja dari paru-paru adalah berupa kondisi lingkungan yang buruk, usia yang makin bertambah, pekerjaan serta kebiasaan-kebiasaan tertentu yang bisa memberi dampak buruk pada paru-paru seperti merokok. Selain itu tidak tertutup kemungkinan karena disebabkan komplikasi atau penularan dari orang yang mengalami penyakit paru-paru.

Apabila penurunan kinerja paru-paru disebabkan oleh penyakit, maka langkah yang diambil adalah dengan melakukan konsultasi pemeriksaan ke dokter agar tidak semakin parah. Biasanya dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan untuk memastikan jenis dan penyebab penyakit yang diderita, diantaranya adalah dengan melakukan tes spirometri menggunakan sebuah alat bernama spirometer. Alat ini banyak digunakan oleh para dokter karena dipasaran sudah banyak yang menyediakan dan jual spirometer.

Spirometri merupakan tes fungsi paru-paru yang umum digunakan untuk mengetahui volume udara masuk dan keluar paru-paru, serta untuk mendeteksi kelainan yang mungkin terjadi pada saluran pernafasan. Melalui tes ini akan bisa diketahui gangguan sumbatan atau obstruksi serta gangguan restriksi atau pengembangan paru.

Salah satu jenis alat tes spirometri yang paling banyak digunakan oleh para dokter adalah spirometri Chestgrap HI 101 buatan jepang. Selain karena kualitasnya terjamin, juga karena sekarang banyak toko alat kesehatan yang jual spirometri Chestgrap HI 101 sehingga sangat mudah untuk mendapatkannya.

Banyak penderita yang tidak pernah merasakan adanya gejala atau keluhan, namun ketika dilakukan tes spirometri menunjukan adanya obstruksi atau restriksi. Ini bisa dijadikan sebuah peringatan bahwa gangguan paru-paru dapat menyerang kapan saja dan siapa saja. Sehingga pemeriksaan rutin akan bisa mendeteksi secara dini dan menentukan langkah penanganan yang tepat untuk mengatasi gangguan atau gejala tersebut.